Manfaat Labu Siam Untuk Kolesterol Tinggi

Manfaat Labu Siam Untuk Kolesterol Tinggi,- Labu siam bukanlah sayuran asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Labu siam dikenal dengan beberapa sebutan, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), serta waluh siam (Jawa Barat). Di dunia internasional, sayuran ini disebut chayote.

Manfaat Labu Siam Untuk Menurunkan Kolesterol

Dalam kehidupan sehari-hari, labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sebagai lalapan, sayur lodeh, oseng-oseng, atau sayur asam. Pucuk batang dan daun mudanya biasa dibuat lalap atau sayuran lainnya.

Labu siam (Sechium edule) merupakan tanaman yang termasuk dalam famili Cucurbitaceae dan masih satu keluarga dengan mentimun. Tanaman ini termasuk tanaman merambat yang dapat tumbuh pada tanah dataran tinggi maupun dataran rendah, tanpa banyak memerlukan perawatan khusus.

Kandungan Gizi Labu Siam

Manfaat Labu Siam Untuk Menurunkan Kolesterol

Manfaat Labu Siam Untuk Kolesterol Tinggi

Dalam tabel kandungan gizi, labu siam tidak memiliki kandungan lemak jenuh, bahkan untuk kandungan kalorinya saja hanya dalam jumlah sedikit. Berdasarkan faktor tersebut, labu siam sangat bagus untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi dan mengkonsumsi rutin berbagai olahan labu siam sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

Baca juga: Ramuan Tradisional Kolesterol Tinggi

Selain itu, labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun.

Niasin berperan pada reaksi enzimatik di dalam tubuh untuk metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein, yaitu sebagai koenzim I dan koenzim II. Niasin sangat diperlukan agar suplai energi dalam jaringan tubuh berjalan normal. Kekurangan niasin yang parah setelah beberapa bulan akan mengakibatkan pellagra serta dermatitis, yaitu gangguan kulit yang khas dan simetris, terutama di bagian badan yang tidak tertutup seperti tangan, lengan, siku, kaki, kulit, dan leher.

Labu siam juga kaya akan vitamin B6. Vitamin B6 mempunyai peran penting dalam metabolisme protein. Vitamin B6 sangat esensial untuk proses transaminasi dan deaminasi serta dekarboksilasi asam amino. Kebutuhan per hari mencapai 0,02 mg untuk dewasa; 0,015 mg untuk bayi; 0,2-1,2 untuk anak-anak, dan 1,4-2 mg untuk remaja.

Cara Mengolah Labu Siam Untuk Kolesterol

Bahan:

  • 1 buah labu siam ukuran sedang

Cara Pengolahan:

  • Kupas labu siam, kemudian dibelah dua, dan dicuci sampai bersih agar getahnya hilang, Setelang itu diparut, lalu diperas airnya. Rebuslah air perasan labu siam tersebut sampai mendidih, Dan minumlah satu gelas setiap hari secara rutin.

Itulah manfaat labu siam untuk kolesterol tinggi yang bisa Anda jadikan sebagai solusi untuk pengobatan kolesterol yang Anda derita. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba…

Bagi Anda yang tidak ingin repot dengan membuat ramuan labu siam untuk mengatasi kolesterol, kini sudah hadir produk alami yang dapat membantu Anda menurunkan kolesterol secara alami tanpa efek samping, yakni QnC Jelly Gamat. Informasi lebih lengkap mengenai QnC Jelly Gamat bisa Anda lihat di >> Pengobatan Kolesterol Tinggi

Simak juga artikel lainnya:

Manfaat Labu Siam Untuk Kolesterol Tinggi